PANTAS DIRENUNGKAN

PANTAS DIRENUNGKAN

Rabu, 15 Juli 2015

Ukuran Badan Membuat Kemeja Pria

Ukuran badan untuk membuat kemeja pria dapat ditentukan menurut dua cara, yaitu:
  • Ditentukan secara individu menurut ukuran badan calon pemakainya, dilakukan untuk pembuatan baju pesanan yang lazim dilakukan oleh usaha penjahit.
  • Ditentukan menurut standar ukuran yang telah ditentukan, dilakukan untuk pembuatan baju massal yang lazim dilakukan oleh usaha konfeksi maupun usaha garmen.
Kedua cara tersebut akan dijelaskan pada video yang dikutip dari saluran Youtube Intansruweng berikut ini, silakan di-play.


Ukuran badan yang ditentukan secara individu:
  1. Lingkar leher, diukur mengelilingi pangkal leher dimana jari telunjuk ikut didalam lilitan meteran, diukur pas seseuai angka pada meteran.
  2. Panjang punggung, diukur mulai pangkal tulang leher sampai punggung (atau garis dada atau sedikit dibawah ketiak), diukur pas sesuai angka pada meteran.
  3. Kontrol kemiringan baju, diukur mulai tepi bahu ke bawah sampai pada posisi garis dada bagian belakang, diukur pas sesuai angka pada meteran
  4. Panjang pinggang, diukur mulai pangkal tulang leher sampai pinggang (atau garis pinggang, yaitu setara puser tapi di belakang), diukur pas sesuai angka pada meteran.
  5. Panjang pinggul, diukur mulai pangkal tulang leher sampai pinggul (atau garis pinggul, yaitu sedikit diatas pantat), diukur pas sesuai angka pada meteran.
  6. Panjang baju, diukur mulai pangkal tulang leher sampai batas bawah baju, yaitu sedikit dibawah pantat, diukur pas sesuai angka pada meteran.
  7. Lebar badan atau lebar punggung, diukur mulai ujung bahu kiri sampai ujung bahu kanan, pada posisi dibawah leher meteran dinaikkan sedikit, diukur pas sesuai angka pada meteran.
  8. Lingkar dada, diukur mengelilingi dada sedikit dibawah ketiak. Dari lingkar dada yang asli ditambah antara 4 sampai 6 cm.
  9. Lingkar pinggang, diukur mengelilingi pinggang pada posisi melewati puser. Dari lingkar pinggang yang asli ditambah antara 4 sampai 6 cm.
  10. Lingkar pinggul, diukur mengelilingi pinggul melewati bagian pinggul yang paling besar. Dari lingkar pinggul yang asli ditambah antara 4 sampai 6 cm.
  11. Panjang lengan, diukur mulai ujung bahu, sampai mana? Bila lengan panjang diukur sampai pangkal ibujari, tetapi bila lengan pendek diukur sampai 2 cm diatas siku, diukur pas sesuai angka pada meteran. 
  12. Lingkar lengan, diukur mengelilingi lengan bagian yang terbesar, ditambah 4 sampai 6 cm.
  13. Lingkar pergelangan tangan, diukur mengelilingi pergelangan tangan ditambah 2 sampai 4 cm
Ukuran badan yang ditentukan menurut standar ukuran S, M, L, XL, XXL, XXXL.

Pengambilan ukuran badan yang tepat dan benar sangat menentukan kemapanan pola kemeja yang akan dibuat, karena itu cara pengukurannya perlu dipahami dengan baik.
Pada pembuatan desain pola kemeja menggunakan komputer yang lazim disebut Pattern Design System (PDS) input dasar yang harus dimasukkan pada system komputer adalah ukuran badan membuat kemeja, dan dalam waktu singkat sudah tersaji gambar pola kemeja yang ukurannya sesuai tepat benar dengan data ukuran yang telah dimasukkan tadi.
Sekarang proses membuat pola busana sudah dapat dilakukan lebih cepat dan praktis serta lebih tepat ukurannya.

Terimakasih.

1 komentar:

  1. Saya tinggal di sruweng bu parniyah..insyaallah tahun depan mau mendaftar kursus menjahit di lpk intan

    BalasHapus